Senin, 14 April 2014

Spasi.

Kira-kira, apa sih, arti sebuah spasi? Hanya sekedar pelengkap dalam sebuah kalimat? Atau sebagai perenggang diantara kata-kata dalam sebuah kalimat? Atau, spasi hanyalah sebuah kata yang seringkali diucapkan oleh iklan berbayar di televisi?Lebih dari itu semua, bagiku.. spasi adalah satu hal yang penting. Tanpa spasi dalam sebuah kalimat, kita hanya akan membaca deretan kata-kata itu seperti kata sandi. Hellooow, kita kan lagi ngga belajar pramuka. Tanpa spasi, tulisan yang kita tulis dan diperuntukkan untuk orang tak lebih dari seperti sms satu rupiahnya salah satu provider kebanggan suaminya Zaenab dalam Si Doel anak sekolaan.            Begitu pentingnya arti spasi dalam sebuah kalimat, tak jarang kita mengaitkannya dengan definisi dalam kehidupan sebenarnya. Klise, memang. Tapi, aku akui.. ini benar adanya. Kita kasih saja perumpamaan spasi sebagai jarak. Ya, jarak. Apa? Jarak? Iya.            Jarak. Sebenernya sedikit meringis sih ya, kalo inget-inget jarak. Ah ya, akhir-akhir ini aku kembali berkomunikasi dengan salah satu kerabat yang udah lamaaaaaaa banget ngga denger kabarnya. Bagiku, bisa kembali berkomunikasi dengannya adalah satu hal yang syukuri. Ngga kurang –dan ngga lebih. Spasi yang diketikkan olehNya selama ini (awalnya) membuat kami berdua agak sedikit kikuk untuk memulai semuanya dari awal. Dari nol, kayak isi bensin ya. Iya.            Dari intensitas komunikasi inilah aku menyadari bahwa spasi yang selama ini dirajut Sang Pencipta membuat aku dan dia sama-sama saling memperkaya diri dengan pemahaman introspeksi. Merendahkan hati pada hal-hal yang bukan hak kita untuk tau, dan berusaha berbuat kebaikan yang kita bisa, dan lain-lain. Spasi yang selama ini membuat kita memiliki satu ruang yang belum terbuka sampai akhirnya bisa ngobrol, bercanda, sampe ngelawak (tapi ngga lucuk) bersama juga membuat aku mengerti bahwa spasi itu penting.            Teman, butuh banyak waktu agar aku dan dia bisa kembali bisa berkomunikasi tanpa harus mengetik ‘saya’ untuk menggantikan kata ganti aku dan tidak melulu mengingatkan sudah makan atau belum. Kadang orang lain yang melihat hanya dapat men-judgenya dari luar saja. Aku ngga peduli. Yang mengalami, aku. Yang ngobrol, aku. Dan aku yang mengenalnya, jauh dari orang lain yang banyak bicara itu mengenalnya.            Aku sadar, takabur adalah suatu tindakan yang dilarang. Ya, aku tak mau berlari terlau jauh atau berjalan ngesot –terlalu lambat. Aku hanya ingin, semua yang aku –kita, mulai dari awal dan dari nol.. berjalan sebagaimana mestinya. Berjalan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditakdirkan Allah swt. Karena aku selalu menganggap yang Allah swt takdirkan selalu baik, bukan hanya untukku, tapi orang-orang di sekelilingku dan masa depanku. Yang membedakannya hanya dua : ada doa yang langsung dikabulkan, dan ada doa yang Allah swt simpan sampai mengabulkannya di waktu yang tepat saat kita memang dirasa sudah pantas untuk menerimanya. Sampai sekarang, aku bingung.. apa yang aku harus keluhkan? Karena, jika ada seseorang yang jauh disana namun tiba-tiba berkomunikasi dengan kita.. aku percaya bahwa itulah salah satu kuasa Allah swt untuk menghibur hati hambaNya. Subhannallah.            Allah swt yang Maha segalanya. Maha membolak-balikkan hati hambaNya, Maha menjauhkan, Maha mendekatkan dan Maha Tahu isi hati hambaNya.





--Ingat ya teman, spasi itu penting. Bayangkan saja jika aku tidak mengalami spasi untuk waktu yang cukup lama. Mungkin aku tidak menjadi lebih baik atau tidak pantas untuk bisa berkomunikasi dengan siapapun yg aku sebut dia J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar